Follow Us:
06:28 WIB - ANGGOTA KORAMIL 0906-01/TENGGARONG MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN BANGUNAN MAKORAMIL | 06:25 WIB - Meninjau Ketersediaan Kebutuhan Pokok Di Taluk Kuantan Oleh Pemkab dan Polres | 23:13 WIB - Kantor Imigrasi Terima Barang Bukti Dari Kejasaan Negeri Bengkalis | 16:17 WIB - Bupati Kuantan Singingi Mursini Melakukan VIDEO CONFERENCE Tanggap Virus Covid-19 | 12:52 WIB - Himbau Jubir Indra YopiWajib Pakai Masker Keluar Rumah, Jika Tidak Disuruh Pulang | 11:05 WIB - Bagikan 1000 Masker Gratis Peduli Kesehatan Warga Dampak Covid-19 Oleh Partai Golkar Rohul
/ Nasional / Antisipasi Kelangkaan, Pemkot Sukabumi Pastikan Bapokting Aman dan Tersedia /
Antisipasi Kelangkaan, Pemkot Sukabumi Pastikan Bapokting Aman dan Tersedia
Sabtu, 21 Maret 2020 - 20:53:06 WIB
SUKABUMI -- Meskipun sebagian Bahan Pokok Penting (Bapokting) tergolong aman hingga lebaran nanti. Namun Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop,UMKM, dagrin) terus melakukan pemantauan ke seluruh Pasar modern dan Tradisional.

Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan, seperti yang terjadi pada gula pasir saat ini. "Gula pasir jenis impor aja yang saat ini langka, walaupun ada harganya cukup mahal,"ujar Plt Diskop,UMKM, Dagrin Kota Sukabumi Didin Syarifudin, didampingi oleh Kabid Perdagangan Heri Sihombing. Kamis, (21/03/2020).

Didin mengatakan, saat ini untuk gula, pihaknya masih menunggu informasi dari Kementerian perdagangan untuk impor gula tersebut. "Jadi kami masih menunggu dari kementrian untuk menangani kelangkaan serta meningkatnya harga gula pasir,"tuturnya.

Didin juga mengungkapkan, kalaupun ditemukan masih ada di pasar tradisional dan modern, ada pembatasan dalam segi penjualan. Artinya, batas maksimal yang bisa dibeli oleh masyarakat tidka bisa melebihi dari 2 bungkus. "Itu sudah dilakukan ke setiap Pasar tradisional ataupun modern,"aku Didin.

Didin juga tidak menapik jika kelangkaan gula tidak lepas dari isu wabah COVID-19 saat ini, namun pihaknya memastikan jika sebagian bapokting sangat aman dan tersedia. "Seperti beras masih normal diangka Rp11.500/kg, begitu juga dengan beras Ciherang dari Sukabumi masih normal Rp9.400/kg.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kabid Perdagangan Heri Sihombing, bahwa sebagin bapokting tergolong stabil, walaupun ditemukan adnaya beberap komoditi yang alami penaikan harga.

Diantaranya cabai merah dan bawang merah. "begitu juga dengan komoditi lainya, yakni telur ayam broiler, daging ayam, minyak goreng masih normal,"tutur Heri.

Sedangkan untuk gula, lanjut Heri, informasi terbaru yang diterima, bahwa pemerintah pusat sekitar diakhir maret atau awal april akan melakukan impor gula ke Indonesia dengan jumlah yang cukup banyak. "Berdasarkan informasi dari teman-teman perdagangan yang dipusat, sekitar 700 ribu ton Kementrian perdagangan akan mengimpor gula. Mudah-mudahan dengan adnaya kebijkan tersebut akan menjawab kelangkaan gula saat ini,"tutur Heri.

Justru yang saat ini menjadi sorotan, kenaikan harga terjadi di luar bapoktin. Yakni, jenis rempah-remah, seperti jahe merah yang dibandrol di Rp100 ribu/kg, kapol laga Rp400 ribu/kg, kayu manis lokal Rp150 ribu/kg dan jahe gajah Rp55 ribu/kg. "Yang jelas, beberapa komoditas lainnya masih terpantau stabil, begitu juga dengan penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar,"pungkasnya.*anneu/ss


Berita Lainnya :
  • ANGGOTA KORAMIL 0906-01/TENGGARONG MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN BANGUNAN MAKORAMIL
  • Meninjau Ketersediaan Kebutuhan Pokok Di Taluk Kuantan Oleh Pemkab dan Polres
  • Kantor Imigrasi Terima Barang Bukti Dari Kejasaan Negeri Bengkalis
  • Bupati Kuantan Singingi Mursini Melakukan VIDEO CONFERENCE Tanggap Virus Covid-19
  • Himbau Jubir Indra YopiWajib Pakai Masker Keluar Rumah, Jika Tidak Disuruh Pulang
  • Bagikan 1000 Masker Gratis Peduli Kesehatan Warga Dampak Covid-19 Oleh Partai Golkar Rohul
  • Merasa Terpanggil, Persit KCK Kodim 0913 PPU bagikan Sembako dan Masker ke Masyarakat
  • Sajikan berita ter Update dan Aktual Awak Media Turun Langsung ke Lapangan.
  • Satpol PP Bubarkan Pasar Kaget
  •  
    Komentar Anda :
       
    FOTO
    Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI (LPPN-RI)
    Lima Wanita Berpakaian Seksi Demo di KPK
     
    Buruh Dukung KPK
     
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017