Follow Us:
06:28 WIB - ANGGOTA KORAMIL 0906-01/TENGGARONG MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN BANGUNAN MAKORAMIL | 06:25 WIB - Meninjau Ketersediaan Kebutuhan Pokok Di Taluk Kuantan Oleh Pemkab dan Polres | 23:13 WIB - Kantor Imigrasi Terima Barang Bukti Dari Kejasaan Negeri Bengkalis | 16:17 WIB - Bupati Kuantan Singingi Mursini Melakukan VIDEO CONFERENCE Tanggap Virus Covid-19 | 12:52 WIB - Himbau Jubir Indra YopiWajib Pakai Masker Keluar Rumah, Jika Tidak Disuruh Pulang | 11:05 WIB - Bagikan 1000 Masker Gratis Peduli Kesehatan Warga Dampak Covid-19 Oleh Partai Golkar Rohul
/ Pekanbaru / Cegah Virus Covid 19, Drone Spraying Khusus Dikerahkan Polda Riau Untuk Penyemprotan Pemukiman Warga /
Cegah Virus Covid 19, Drone Spraying Khusus Dikerahkan Polda Riau Untuk Penyemprotan Pemukiman Warga
Rabu, 25 Maret 2020 - 16:44:14 WIB
PEKANBARU - Ratusan warga yang bermukim di dalam gang-gang sepanjang Jalan Pangeran Hidayat, Kelurahan Tanah Datar, Pekanbaru, berlomba-lomba meminta kepada pilot drone agar rumah mereka disemprot dengan cairan disinfektan.

Penyemprotan menggunakan drone spraying DJI Agras T-16 dilakukan Polda Riau guna memutus mata rantai penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Rabu, 25 Maret 2020.

"Alhamdulillah, antusias warga ini bentuk keyakinan kita, jika bersama-sama, kita mampu memutus penyebaran Covid-19, dan jadi pemenang. Kami mengucapkan terima kasih kepada Polda Riau karena rumah warga disemprot dengan cairan disinfektan," kata Ketua RT/RW 003/006, Tanah Datar, Pekanbaru Kota, Syafir, Rabu, 25 Maret 2020.

Penyemprotan menggunakan drone selain menyasar ratusan rumah sepanjang Jalan Pangeran Hidayat, Polda Riau juga lakukan hal serupa di Jalan Nelayan, Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai serta Jalan Pesisir, Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai Pesisir.

Saat penyemprotan cairan disinfektan gunakan drone semprot, Polda Riau juga mengerahkan drone lainnya jenis DJI Mavic 2Enterprise Dual Camera dilengkapi dengan wiriless speaker digunakan agar warga membuka pintu dan jendela. Selain itu, juga diturunkan drone DJI Matrice 210 V2.

"Cairan disinfektan kita gunakan ini berbahan dasar air, aman bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Cairan ini larut atau hancur sebagai penghancur lemak. Jika menempel di peralatan rumah tangga, bisa dilap, hancur virusnya," kata Kasubbid Dokpol Polda Riau, AKBP drg Agung H. Wijanarko, Sp.BM.

Ia menjelaskan, cairan disinfektan dibuat oleh Biddokes Polda Riau terdiri dari Hydrogen Peroksida, Natrium Hipoklorit, dan air.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, SH, MSi melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto mengatakan, sekali terbang drone penyemprot mampu membawa 15 liter cairan disinfektan.

Dari 15 liter tersebut, tuturnya, menjangkau luasan areal semprot 1 Hektare (Ha). Dengan demikian, untuk di Jalan Pangeran, Polda Riau siapkan 90 liter cairan disinfektan. Jumlah yang sama juga di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir.

"Polda Riau selalu berinovasi guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, apalagi masyarakat kecil. Dalam penanganan Covid-19 ini, kita harus memprioritaskan dan mendahulukan kemanusian, keselamatan masyarakat lebih utama dibandingkan lainnya," ungkap Kabid Humas Kombes Pol Sunarto. 

Penyemprotan disinfektan menggunakan drone, tuturnya, merupakan bagian dari Operasi Aman Nusa II dalam penanganan penyebaran Covid-19. Dan penggunaan Drone Spraying untuk kegiatan disinfektan ini merupakan hal yang pertama dilakukan. Selain drone, Polda Riau juga mengerahkan 1.200 personel lengkap dengan peralatan sesuai protokol penanganan Virus Corona.

Selain Pekanbaru, penyemprotan disinfektan menggunakan drone juga dilakukan di Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Kampar.

"Untuk di Dumai, kita sasar pusat keramaian, dan pelabuhan penyeberangan. Sedangkan di Kampar dan Siak perkampungan warga," ungkap Sunarto. (fah/rls Polda Riau).

Foto Drone Spraying Khusus Dikerahkan Polda Riau Untuk Penyemprotan Pemukiman Warga mencegah Virus Convid-19 atau Corona dari Polda Riau.


Berita Lainnya :
  • ANGGOTA KORAMIL 0906-01/TENGGARONG MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN BANGUNAN MAKORAMIL
  • Meninjau Ketersediaan Kebutuhan Pokok Di Taluk Kuantan Oleh Pemkab dan Polres
  • Kantor Imigrasi Terima Barang Bukti Dari Kejasaan Negeri Bengkalis
  • Bupati Kuantan Singingi Mursini Melakukan VIDEO CONFERENCE Tanggap Virus Covid-19
  • Himbau Jubir Indra YopiWajib Pakai Masker Keluar Rumah, Jika Tidak Disuruh Pulang
  • Bagikan 1000 Masker Gratis Peduli Kesehatan Warga Dampak Covid-19 Oleh Partai Golkar Rohul
  • Merasa Terpanggil, Persit KCK Kodim 0913 PPU bagikan Sembako dan Masker ke Masyarakat
  • Sajikan berita ter Update dan Aktual Awak Media Turun Langsung ke Lapangan.
  • Satpol PP Bubarkan Pasar Kaget
  •  
    Komentar Anda :
       
    FOTO
    Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI (LPPN-RI)
    Lima Wanita Berpakaian Seksi Demo di KPK
     
    Buruh Dukung KPK
     
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017